Cyber Security, Teknologi Keamanan TI & Mencegah Serangan

Cyber Security, Teknologi Keamanan TI & Mencegah Serangan

September 20, 2021 Off By Admin Bola
Cyber Security, Teknologi Keamanan TI & Mencegah Serangan

Ieatpandas – Bidang yang relatif baru, teknologi cyber security telah berkembang sejak awal, menjadi fokus yang terus meningkat untuk perusahaan dari semua ukuran. Dengan ancaman intrusi online berbahaya yang berkembang setiap hari. Teknologi Cyber ​​Security adalah industri yang berkembang pesat yang berfokus pada merancang teknik inovatif untuk mengurangi ancaman tersebut. Pakar Keamanan Cyber ​​tidak hanya mencoba untuk mencegah serangan, tetapi juga untuk menangani efek setelah serangan jika terjadi. Beberapa ahli Keamanan Cyber ​​bekerja di departemen Teknologi Informasi, sementara yang lain mungkin bekerja di berbagai bidang dalam Teknologi Informasi. Yang lain lagi adalah spesialis di satu bidang tertentu seperti keamanan komputer, keamanan elektronik, pemeriksaan digital, keamanan informasi, dll. Atau mungkin terlibat dalam berbagai aktivitas yang berhubungan dengan internet.

 

Tujuan teknologi keamanan siber adalah untuk melindungi organisasi dari akses yang tidak sah, program jahat, waktu henti sistem, kesalahan konfigurasi, kerusakan sistem, atau perangkat lunak berbahaya lainnya. Dari peretas etis pasif yang menyusup dan menyelidiki kerentanan keamanan di jaringan dan aplikasi berbasis web hingga ahli kriptologi yang menguraikan dan menganalisis data tersembunyi yang aman dari peretas. Pakar keamanan siber bekerja tanpa lelah untuk memastikan bahwa data tetap berada di luar tangan pengguna yang tidak sah.

Ini mungkin melibatkan pembuatan perangkat lunak baru dan memodifikasi perangkat lunak yang ada untuk menggagalkan akses yang tidak sah. Merancang infrastruktur baru untuk mencegah intrusi; dan meminta bantuan pelanggan dan pengguna lain untuk membantu mendeteksi, mencegah, dan merespons serangan dengan tepat. Ini juga melibatkan pengembangan dan pengoperasian infrastruktur yang diperlukan untuk mendukung pencegahan, identifikasi, dan respons terhadap serangan. Beberapa pakar keamanan siber mengkhususkan diri dalam bidang tertentu seperti Keamanan Komputer, Keamanan Web. Dan Perangkat Lunak, Forensik Digital, Investigasi Digital, Jaminan Informasi, dan Operasi Informasi.

Cyber Security Dapar Mengidentifikasi Ancaman

Karena ada banyak jenis teknologi yang membantu organisasi mencapai tujuan mereka dalam Teknologi Informasi saat ini. Sulit untuk mengidentifikasi keterampilan individu yang memenuhi kebutuhan spesifik organisasi. Untuk secara efektif membangun keamanan informasi dalam organisasi yang menggunakan kombinasi teknologi. Gelar associate dalam Teknologi Sistem Informasi yang mencakup topik-topik utama ini direkomendasikan. Kursus yang ditawarkan oleh program gelar associate dalam teknologi sistem informasi menawarkan pelatihan dalam jaringan komputer, protokol, jaminan informasi, firmware, memori dan penyimpanan, keamanan jaringan, dan pengembangan perangkat lunak.

Cara lain untuk mengidentifikasi individu dengan keterampilan yang sesuai untuk membangun dan memelihara infrastruktur teknologi informasi yang aman adalah dengan mengidentifikasi berbagai jenis ancaman yang dapat mempengaruhi jaringan. Ada berbagai jenis serangan dunia maya, termasuk penolakan layanan, spoofing, dan malware. Setiap jenis serangan memiliki cara penetrasi yang berbeda, yang membutuhkan penerapan berbagai jenis penanggulangan. Tujuan dari setiap jenis serangan cyber adalah untuk menjatuhkan jaringan resmi dan memberikan akses tidak sah ke data atau sumber daya yang tidak dimaksudkan untuk dapat diakses oleh penyerang. Dengan semakin banyaknya komputer di dunia yang menjadi bagian dari jaringan perusahaan dan bisnis, kebutuhan akan teknologi keamanan jaringan menjadi semakin penting.

 

Serangan Ransomware terhadap sistem menjadi semakin umum dan dapat berdampak buruk pada upaya perlindungan data perusahaan. Jenis serangan ini terjadi ketika pengguna yang tidak sah telah melakukan serangan yang berhasil dan kemudian membagikan data tersebut dengan orang lain yang mungkin dapat memperoleh akses ke data yang sama. Misalnya, jika bisnis memiliki ribuan file dan catatan yang tersimpan pada server, penyusup dapat menargetkan server. Dan mulai mengambil keuntungan dari data perusahaan. Namun, bahkan saat menggunakan fasilitas penyimpanan data di luar lokasi, penting untuk mengambil tindakan pencegahan terhadap penyusup potensial yang mungkin mendapatkan akses ke fasilitas menggunakan eksploitasi.

Siswa Diberikan Pengenalan Teknologi

Sebagai teknologi baru muncul, siswa harus berpengalaman dalam berbagai jenis teknologi yang memperkenalkannya. Pelatihan yang idividu dapatkan bersiap memasuki bidang TI juga mengajarkan mereka bagaimana merespons berbagai teknologi yang muncul. Misalnya, teknologi baru sedang membuat setiap saat untuk membantu bisnis melindungi diri mereka dari gangguan yang tidak sah. Karena teknologi baru terus bermunculan, pelatihan TI juga memperkenalkan siswa pada ancaman terbaru dan cara menanganinya. Saat bekerja secara langsung dengan pengembang dan perancang teknologi terbaru memberikan banyak pengalaman langsung, mempelajari cara mempertahankan perusahaan dari ancaman semacam itu sama berharganya.

Baca Juga : Toyota Avanza Veloz Upgrade Gen. Baru Dapat Ditemukan Secara Online