Platform Teknologi Keamanan Siber Dalam Ilmu Komputer

Platform Teknologi Keamanan Siber Dalam Ilmu Komputer

April 30, 2021 Off By Admin Bola

Apa itu platform teknologi keamanan siber? Ini adalah penerapan ilmu komputer, teknologi informasi, teknik, dan bidang terkait lainnya untuk mengembangkan dan menggunakan alat untuk mempertahankan organisasi dari ancaman eksternal dan internal. Keamanan siber berkembang pesat baik dalam arti pentingnya maupun dampaknya di dunia saat ini. Sebuah studi baru-baru ini oleh Pricewaterhouse Coopers (PWC) menggambarkan betapa pentingnya keamanan siber bagi organisasi baik di dalam maupun luar negeri. Laporan tersebut menggambarkan betapa mudahnya pelanggaran dunia maya dapat mengakibatkan aktivitas ilegal seperti pencurian kekayaan intelektual, korupsi dana publik, atau bahkan aktivitas teroris.

Teknologi keamanan siber juga merupakan area yang sangat luas yang menyentuh banyak subtopik yang berbeda. Seperti keamanan jaringan, keamanan berbasis web, hukum komputer, dan teknologi digital yang sedang berkembang, untuk beberapa nama. Terutama, ada dua area utama yang tumpang tindih secara signifikan dalam keamanan siber, keamanan informasi, dan manajemen pusat Internet. Kuartet ini membahas tujuan menjaga dari ancaman eksternal, memastikan bahwa data tetap aman dan melindungi integritas Internet. Banyak perusahaan menangani beberapa atau semua masalah ini, tetapi sangat sedikit yang memiliki ketiga tujuan tersebut. Ketiga tujuan ini membentuk landasan cyberhygiene.

Seiring Internet of Things (IoT) terus tumbuh dan menjadi lebih populer. Begitu pula kebutuhan akan pendekatan komprehensif untuk memerangi penjahat dunia maya, mata-mata, dan ancaman lainnya. Cara tradisional untuk memerangi ancaman eksternal ini sangat bergantung pada profesional TI, dengan banyak dari mereka berlokasi di kantor tunggal. Organisasi keamanan TI tradisional akan memiliki beberapa analis, seringkali berjumlah ribuan, yang tanggung jawab utamanya adalah mengamankan sistem setiap saat. Untuk melindungi kepentingan perusahaan, sebagian besar bisnis dan lembaga pemerintah telah mengembangkan praktik kebersihan dunia maya mereka sendiri. Sebagian besar, ini termasuk mencegah eksekusi serangan jarak jauh, mencegah kerentanan firmware / perangkat lunak, dan menerapkan kontrol atas jenis server dan program tertentu.

Platform Teknologi Keamanan Siber Menetapkan Standar Internasional

Pemerintah federal telah menjadi pendukung utama dalam menyusun standar internasional untuk dunia maya, terutama World Wide Web. Dalam dekade terakhir, telah ada upaya oleh beberapa organisasi internasional untuk menstandarkan penerapan protokol industri. Standar seperti situs web yang ditandatangani secara digital, yang memungkinkan dokumen yang ditandatangani secara digital divalidasi sebelum disebarluaskan ke berbagai jaringan. Dan Secure Socket Layer (SSL) sangat penting untuk keberhasilan lanskap dunia maya. Meskipun tujuan dari organisasi internasional ini adalah untuk meletakkan dasar bagi jaringan global sistem komputer yang aman. Mereka juga telah berhasil menciptakan standar internasional yang memungkinkan tingkat kebersihan dunia maya yang lebih tinggi.

Sementara pemerintah federal dan sektor swasta telah berhasil mengembangkan standar internasional untuk mengatasi ancaman dunia maya terhadap industri real estate dan pembangkit listrik, organisasi penelitian nirlaba Verisign telah mengembangkan teknologi miliknya sendiri untuk mengatasi masalah dunia maya yang dihadapi listrik. industri listrik juga. Teknologi milik Verisign mencakup Teknologi Manajemen Kartu (CMT), yang memungkinkan pemangku kepentingan industri mengelola kartu digital dengan aman di seluruh jaringan area luas (WAN). High Assurance Technology (HAT) Verisign, juga digunakan dalam industri perbankan. Terdiri dari rangkaian peralatan pertahanan dan keamanan yang dirancang untuk melindungi infrastruktur pembangkit listrik dari serangan yang berasal dari dunia luar.

Solusi dan Tindakan Pencegahan

Pemangku kepentingan industri juga beralih ke solusi berbasis cloud atau IaaS untuk mengatasi ancaman dunia maya ke sistem perusahaan mereka. Penyedia solusi intelijen ancaman berbasis cloud atau IaaS memungkinkan deteksi cepat dan resolusi kerentanan, memantau aktivitas. Dan menerapkan tindakan pencegahan yang sesuai secara real time. Misalnya, penyedia layanan berbasis cloud dapat menyediakan alat intelijen ancaman seperti perlindungan aktif, penilaian kerentanan, manajemen respons, deteksi dan pencegahan serangan, dll., Yang dapat diakses oleh personel industri melalui perangkat lunak akses jarak jauh. Profesional industri juga dapat menggunakan alat intelijen ancaman siap pakai lainnya yang disediakan oleh penyedia layanan cloud untuk mendeteksi kerentanan atau melakukan penilaian sistem lainnya. Pakar industri mencatat bahwa sebagian besar solusi intelijen ancaman berbasis cloud. Atau IaaS tidak memiliki perlindungan komprehensif yang menawarkan oleh perusahaan keamanan komputer di tempat.

Ancaman keamanan siber telah menjadi perhatian serius bagi industri keamanan. Karena banyak dari serangan tersebut yang berasal dari negara-negara seperti China, Iran, dan Korea Utara. Untuk mengatasi masalah ini, perusahaan keamanan beralih ke batas intelijen ancaman siberkemampuan militer. Dan komunitas intelijen untuk lebih memahami dan menanggapi tantangan baru ini. Namun, kerentanan mungkin masih ada bahkan setelah mendapatkan alat dan layanan terbaik dari lembaga swasta atau pemerintah. Hanya perusahaan yang paling berpengalaman dan responsif yang akan berhasil mempertahankan diri dari penjahat dunia maya terbaru dan paling jahat.

Baca Juga : Manfaat Teknologi 5G Untuk Generasi Masa Depan dan Global