Teknologi Edge Computing – Gelombang Masa Depan, Kenapa Tidak?

Teknologi Edge Computing – Gelombang Masa Depan, Kenapa Tidak?

April 30, 2021 Off By Admin Bola

Teknologi Edge Computing dengan cepat menjadi gelombang masa depan, terutama dengan smartphone dan tablet PC yang ada di pasaran. Dengan ketersediaan internet nirkabel berkecepatan tinggi yang murah dan teknologi ponsel baru, edge computing adalah tentang membawa daya komputasi lebih dekat ke konsumen. Karena itu, banyak perusahaan terjun ke pasar dengan platform komputasi seluler yang dirancang khusus untuk rumah dan kantor. Kabar baiknya adalah bisnis dapat memperoleh manfaat dari jenis komputasi ini, bahkan saat mereka berada di seberang kota.

Komputasi tepi mengacu pada model komputasi terdesentralisasi yang membawa data dan komputasi mendekati tempat informasi akan digunakan. Sederhananya, definisi komputasi tepi pada dasarnya berarti menemukan server yang paling efisien sedekat mungkin ke mesin, komputer, atau perangkat lain yang terhubung dengannya. Dengan melakukan ini, perusahaan dapat menghemat biaya bahan bakar dan biaya operasional. Selain itu, kecepatan transfer data dan efisiensi keseluruhan mesin sangat ditingkatkan dengan menggunakan teknologi komputasi tepi. Ini karena komputer dan server tidak lagi berada dalam kotak atau silo tetapi lebih dekat satu sama lain, seringkali dalam bentuk awan.

Awan hanyalah kumpulan perangkat penyimpanan yang memungkinkan pengguna mengakses pusat data melalui Internet tanpa memerlukan akses fisik ke mesin individu. Konsep ini sangat menguntungkan bagi perusahaan yang ingin memanfaatkan penyimpanan off-site tetapi tidak ingin berinvestasi pada perangkat keras yang mahal. Banyak penyedia cloud menawarkan layanan yang mencakup virtualisasi aplikasi, keamanan, dan bahkan dukungan IT. Intinya, ini berarti perusahaan tidak harus terlalu peduli dengan pemeliharaan perangkat keras dalam jumlah besar. Penyedia cloud akan menangani semua pemeliharaan itu atas nama mereka, membuat perusahaan bebas untuk fokus pada pengembangan dan ekspansi bisnis.

Teknologi Edge Computing Meningkatkan Manajemen

Teknologi komputasi tepi juga banyak berkaitan dengan peningkatan manajemen armada. Salah satu aplikasi populer adalah Sistem Manajemen Armada, yang mengotomatiskan pengelolaan dan pelaporan armada. Alih-alih menghabiskan berjam-jam mencatat informasi tentang setiap kendaraan dalam armada, sistem akan melacak data termasuk konsumsi bahan bakar, jarak tempuh bahan bakar yang dicatat, catatan keselamatan penumpang, catatan kecelakaan kendaraan, catatan pencurian kendaraan, dan banyak lagi. Laporan ini kemudian dapat didistribusikan ke pimpinan perusahaan menggunakan email, SMS, atau aplikasi lain. Perusahaan yang menggunakan perangkat lunak manajemen armada juga akan menghemat uang untuk biaya bahan bakar karena mereka tidak perlu lagi membeli bahan bakar berdasarkan volume kendaraan dalam armada. Menggunakan sistem ini juga mengurangi redundansi, menghemat waktu, meningkatkan moral, dan meningkatkan produktivitas.

Keamanan adalah keuntungan utama lainnya menggunakan teknologi komputasi tepi untuk melindungi data perusahaan. Penyedia cloud telah menjadi sangat mahir dalam merancang server aman yang memenuhi semua standar keamanan ketat yang diperlukan untuk memastikan data sensitif disimpan dengan aman dan hanya dapat diakses oleh server resmi. Mereka menerapkan firewall canggih, tanda tangan digital, dan teknologi canggih lainnya untuk mencegah gangguan dan serangan dari sumber luar. Selain itu, penyedia ini menggunakan aplikasi dan layanan keamanan yang kuat untuk membantu memastikan data aman bahkan saat berada di luar situs. Dengan cara ini, cadangan di luar situs tidak diperlukan dan akses di luar situs tidak mungkin dilakukan.

Aplikasi dan Kemampuan perangkat Komputasi

Saat kita bergerak ke masa depan, akan ada banyak kegunaan lain untuk smart city smart phone, tablet, dan perangkat sejenis lainnya. Banyak yang percaya mereka akan menggantikan ponsel. Yang lain percaya bahwa mereka hanya akan meningkatkan apa yang sudah kita miliki. Tampaknya setiap orang memiliki pendapat berbeda tentang seperti apa tampilan perangkat edge computing, tetapi satu hal yang pasti adalah bahwa mereka akan mengubah cara kita berbisnis dan cara kita berkomunikasi. Tidak ada yang tahu bagaimana masa depan, tapi itu terlihat sangat menarik. Perangkat edge computing akan menyediakan platform open source bagi siapa saja untuk mengembangkan aplikasi agar dapat berjalan di jaringan.

Salah satu aplikasi yang paling menarik dari perangkat komputasi tepi adalah kemampuannya untuk meningkatkan waktu respons penawaran dan permintaan. Penyedia jaringan dapat mengurangi biaya infrastruktur mereka karena tidak perlu membeli server tambahan untuk menghosting datanya. Akibatnya, kecepatan penyampaian informasi kepada konsumen atau bisnis akan meningkat secara signifikan.

Selain membantu penyedia mengurangi biaya operasional, perangkat komputasi tepi juga akan memainkan peran besar dalam desain masa depan. Perangkat akan memainkan peran penting dalam menjaga jumlah data yang semakin meningkat yang membutuhkan untuk mendukung beban informasi yang semakin meningkat dari konsumen dan bisnis. Penyedia cloud menggunakan pembangkit panas untuk menyediakan cara yang dapat menyekalakan untuk mengirimkan pusat data, server, dan kebutuhan komputasi lainnya. Perangkat ini mampu menangani am yang luar biasa panas untuk menjaga server pada suhu konstan di dalam pusat data. Karena permintaan akan pusat data dan server terus meningkat, konsep ini akan menjadi lebih penting bagi penyedia dan konsumen.

Baca Juga : Teknologi Otomasi Robotik Menghilangkan Kekurangan Proses Tradisional