Teknologi Maju Indonesia Tumbuh Dengan Sangat Tinggi

Teknologi Maju Indonesia Tumbuh Dengan Sangat Tinggi

April 28, 2021 Off By Admin Bola

Sektor teknologi maju Indonesia tumbuh dengan cepat dengan kecepatan sangat tinggi. Setelah beberapa dekade terisolasi, ekonomi Indonesia mulai meningkat. Republik Islam pertama di dunia, Indonesia mulai melakukan modernisasi setelah kemerdekaan pada tahun 1957. Saat ini Indonesia adalah ekonomi terkemuka di Asia Tenggara. Tetapi untuk memahami seberapa maju sektor teknologinya, penting untuk memahami apa yang membuat perusahaan Indonesia begitu sukses.

Pemimpin teknologi Indonesia adalah nama besar Indonesia dalam bisnis ini. Mereka juga beberapa nama paling terkenal dan paling dicintai di industri ini. Dengan memanfaatkan sepenuhnya sumber daya lepas pantai Indonesia yang kaya, perusahaan-perusahaan ini telah berhasil memasuki pasar baru. Perusahaan seperti Kompulan, Mandriva, dan SunNet sedang membuat terobosan baru dalam teknologi komunikasi satelit, energi matahari, jaringan komputer, dan telematika. Perusahaan baru Indonesia lainnya termasuk Alora, yang membuat lampu dan rambu LED berteknologi tinggi, dan Tegal Comtech, yang merancang kantor modular yang menggunakan cahaya alami dan buatan – serta air – untuk menghemat uang dan meningkatkan produktivitas. Perusahaan-perusahaan ini dan perusahaan teknologi maju lainnya akan menjadi basis dari elit teknologi yang sedang berkembang di Indonesia.

Mitra utama Indonesia dalam pengembangan teknologi barunya termasuk perusahaan asing, termasuk perusahaan Eropa, Amerika, dan Jepang. Kebijakan komprehensif Indonesia tentang investasi asing adalah elemen lain yang mendorong transformasi ini. Meskipun Indonesia mengalami masa-masa sulit di masa lalu dalam menangani investasi internasional dan kebijakan industri, pemerintah telah mulai berubah. Kedutaan Besar Indonesia baru-baru ini menandatangani perjanjian dengan Singapura untuk pekerjaan outsourcing perangkat lunak.

Kebijakan Perihal Investasi Asing

Kebijakan tersebut tentu saja tidak mencakup semua investasi asing. Namun, ada upaya yang jelas untuk membuat pasar domestik lebih kompetitif. Secara khusus, Kementerian Perencanaan dan Pembangunan Nasional Indonesia sedang mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan banyak pabrikan lokal, mengikuti tren negara-negara maju seperti Jepang dan Korea Selatan yang memberikan fasilitas produksi utama kepada perusahaan manufaktur teratas mereka di negara asalnya. Fasilitas primer adalah fasilitas negara yang secara langsung menangani dan memproduksi produk. Kebijakan ini dimaksudkan untuk menumbuhkembangkan perekonomian nasional.

Pasar Indonesia juga melihat pergeseran dari barang manufaktur yang monoton menjadi barang yang harus sesuai. Artinya, pabrikan Indonesia semakin banyak menciptakan desain dan konsep produk yang akan dijualnya sendiri. Hal ini membuat tantangan untuk mengembangkan basis industri yang kuat menjadi jauh lebih sulit. Aspek kunci dari tantangan itu melibatkan strategi pelatihan dan pendidikan yang harus ada pada perusahaan.

Sebagian besar pasar Indonesia adalah pedesaan. Itulah mengapa mungkin perlu waktu bagi perusahaan untuk membuat terobosan ke industri yang sudah mapan, seperti kedokteran atau pariwisata. Namun hal ini tidak menjadi masalah, karena sebagian besar masyarakat Indonesia tinggal di daerah yang memiliki akses ke infrastruktur dasar. Pedesaan juga menyediakan banyak kesempatan untuk bekerja. Di daerah pedesaan, banyak keluarga yang mencari nafkah dengan menjual buah-buahan, sayuran, dan kosmetik buatan sendiri.

Teknologi Maju Perusahaan Indonesia

Kekuatan lain perusahaan Indonesia terletak pada bidang teknologi informasi. Ada banyak perusahaan yang sedang melakukan penelitian dan pengembangan di bidang teknologi komputer, diantaranya telekomunikasi dan pengembangan perangkat lunak. Di Indonesia, perusahaan-perusahaan ini dapat menemukan sumber tenaga kerja yang siap pakai. Mereka juga memiliki akses ke biaya tenaga kerja yang rendah dengan mengandalkan sumber perekrutan informal seperti mahasiswa. Mereka juga menikmati akses yang baik ke bahasa lokal, dan ini memberi mereka keunggulan dibandingkan perusahaan yang mengandalkan personel impor.

Teknologi maju Indonesia juga memberi perusahaan cara yang terjangkau untuk mendapatkan pasokan dalam jumlah besar. Karena Indonesia tidak memiliki sektor manufaktur yang kompetitif, sebagian besar produk yang dihasilkan perusahaan merupakan produk lokal. Mungkin sulit bagi perusahaan untuk mendapatkan kapabilitas manufaktur massal, tetapi kurangnya hambatan perdagangan di Indonesia membantu mempermudah pembentukan kapabilitas produksi lokal.

Baca Juga : Teknologi Modern JKUAT Dari Universitas Negeri Indonesia